sunray

sunray
Light

Jumat, 13 November 2015

PERKAWINAN UNIK IKAN ANGLER / ANGLER FISH

Ikan Angler / Angler Fish adalah salah satu ikan yang hidup di laut dalam tanpa cahaya (bisa mencapai 1,5km - 2,5km dari permukaan), meskipun kadang juga ditemukan di laut dangkal laut tropis. Ada lebih dari 200 spesies Angler Fish (beberapanya bisa lihat disini) yang sudah ditemukan, sebagian besar terdapat di Atlantik dan lautan Antartika.


Yang uniknya jenis jantan / laki-laki ikan ini memiliki ukuran yang jauh kecil. Ikan jantan Angler fish tidak mengalami pertumbuhan seperti jenis perempuan. Ikan perempuan dewasa memiliki panjang kurang lebih 8,9cm - 1m. Sedangkan panjang Ikan jantan hanya 10% nya kurang lebih 6,2mm saja.

PERKAWINAN ANGLER FISH FUSION

Perkawinan Angler fish sangat unik. Ikan jantan yang kecil memiliki indra penciuman yang tajam terhadap hormon feromon yang berasal dari ikan betina. Setelah menemukan pasangannya, angler jantan akan menggigit tubuh betinanya, lalu melepaskan enzim yang dapat melelehkan tubuhnya sendiri. 

Dalam proses ini, wajah Angler jantan akan meleleh lengket ke tubuh wanita, lalu sang jantan akan mulai kehilangan organ-organ dalamnya mulai dari otak, sistem pernapasan, hingga akhirnya aliran darah sang jantan dan betina benar-benar menyatu (menjadi satu). 



1 Angler betina dapat menampung hingga 6 ekor Angler jantan. Memang terlihat hidup Angler jantan hanya seperti parasit bagi betina. Tapi dengan proses ini, sang betina mendapatkan suplai sperma untuk berkembang biak.

Benar-benar unik.

Sumber:


1 komentar: