sunray

sunray
Light

Rabu, 18 November 2015

BONEKA PIERRE JAQUET DROZ SANG NENEK MOYANG ROBOT KOMPUTER DUNIA

Pernah lihat boneka mekanik yang bisa menulis sendiri (otomatis) di film Hugo (Martin Scorsese)?
Inilah boneka-boneka aslinya yang menjadi inspirasi di film Hugo tersebut.


Perkenalkan mereka adalah The Writer (kanan), The Musician (tengah), The Draftman (kiri).

Mereka adalah boneka mekanik (non elektronik) yang dibuat oleh Pierre Jaquet Droz, seorang pembuat jam dengan mekanisme rumit kelahiran Swiss. Seperti di film Hugo, mereka benar-benar bisa menulis, memainkan musik, dan menggambar secara sendiri (otomatis). Hasil tulisan, musik, dan gambarpun tidaklah sembarang.

Dengan teknologi yang sama dengan jam yang disebut homestasis, yaitu proses dimana sistem mengatur diri sendiri, robot-robot ini tidak menggunakan sumber energi listrik, tetapi menggunakan mekanisme yang ada didalam tubuhnya untuk menghasilkan gaya yang diperlukan untuk berfungsi dengan sendirinya. Dan hebatnya mereka dibuat di sekitar tahun 1770an. 

THE WRITER



Robot Humanoid ini dinamakan The Writer. Robot ini merupakan paling kompleks dibanding dengan 2 temannya, ia memiliki kemampuan menulis sendiri. Bukan hanya sekedar gerakan menulis saja, tekanan pena pada kertas sangat pas, mata robot ini juga bisa bergerak mengikuti arah tulisannya, dan yang saya suka dia bisa mencelupkan pena pada tintanya sendiri beberapa kali sampai tulisannya selesai. Benar-benar tampak hidup.


Robot ini diselesaikan pada tahun 1772. Terdiri dari 6000 komponen yang merupakan miniatur kerajinan tangan yang memang dibuat untuk ukuran tubuh The Writer. Terdiri dari 40 teknologi cam sebagai roda penggerak, robot ini mampu menulis sampai 40 karakter dalam 4 baris.





Contoh jenis Cam


Berikut cuplikan video proses kerja mekanik dalam tubuh The Writer. Kalian wajib melihatnya (amazing).



THE DRAFTMAN

Keunikan The Draftman ini bisa menggambar 4 buah model gambar. Mata bergerak mengikuti arah pensil, dan yang paling menarik adalah ia bisa meniup, seolah-olah meniup debu pensil yang berada diatas kertas. Luar biasa bukan.

The Draftman hanya terdiri dari 2000 komponen saja.


Gambar yang dihasilkan:

Raja Louis XV

Marie Antoinete dan Raja Louis XVI

Seorang Anak kecil bersama kupu-kupu

Dan seekor anjing

Semua lukisan diatas digambar oleh sebuah robot mekanik yang dibuat tahun 1770an lho. Kalian bisa melihat video mekanisme kerja The Draftman dibawah ini.



THE MUSICIAN



The Musician memiliki kemampuan memainkan alat musik semacam organ seruling tiup yang dibuat secara khusus. Musik yang dimainkan bukanlah sebuah rekaman. Ia bisa menggerakkan ke 10 jarinya untuk menekan tuts-tuts organ musiknya. Mata dan kepalanya bisa bergerak mengikuti permainan jarinya. Yang saya suka ia terlihat menarik napas dan sesekali menganggukkan kepalanya seolah-olah menikmati musik yang dimainkan. Amazing.


The Musician terdiri dari 2500 bagian komponen. Ia mampu memainkan 5 jenis melodi. Berikut Video The Musician:


Dengan mekanisme gerak yang sangat terprogram, ke tiga boneka robot ini pantas disebut salah satu Nenek Moyang Robot komputer modern saat ini.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar