sunray

sunray
Light

Selasa, 03 November 2015

BERADA DI DALAM LIFT ATAU PESAWAT YANG JATUH BEBAS



Pernah membayangkan jika berada di dalam lift / elevator atau pesawat yang sedang terjatuh bebas? Apa yang terbesit dibenak anda? Kira-kira apa yang terjadi dengan anda saat itu?

Sebelum menemukan jawabannya, mari kita ingat kembali tentang Hukum Gerak Newton ke 2.

"Hukum II Newton menyatakan bahwa jika resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda tidak sama dengan nol maka benda akan mengalami percepatan. Besar percepatan sebanding dengan besar gaya total dan berbanding terbalik dengan massa benda. Arah percepatan sama dengan arah gaya total."



Dari rumus persamaan itu, jika kita berada di dalam lift atau pesawat yang sedang naik ke atas, berat badan semu kita akan terasa lebih berat. Sedangkan saat lift atau pesawat sedang turun, berat badan semu kita akan terasa lebih ringan. 

Lalu ketika lift atau pesawat terjatuh bebas, maka berat badan kita menjadi menjadi NOL.

Iya berat badan semu kita adalah NOL karna saat jatuh bebas, PERCEPATAN LIFT/PESAWAT = PERCEPATAN GRAVITASI (a = g).


Dimana massa yang sama dan percepatan gravitasi (g) = percepatan lift/pesawat(a), Maka N = 0 Newton.



Itulah yang terjadi saat kita berada di dalam lift / pesawat yang jatuh. Berat kita menjadi "hilang" (weightless). Kondisi ini hampir sama seperti saat astronot berada di luar angkasa. Kita bisa melayang di dalam lift / pesawat yang sedang jatuh bebas itu.

Inilah yang terjadi di dalam pesawat komersil Zero-G (sekarang banyak digunakan untuk melatih para astronot). Pesawat ini mematikan mesin saat mencapai ketinggian 9000m dan dibiarkan jatuh bebas sekitar 22 - 28 detik.



3 komentar: