sunray

sunray
Light

Rabu, 21 Oktober 2015

PERBEDAAN RA DAN HORUS DEWA MITOLOGI MESIR



Gambar diatas adalah dewa mitologi Mesir kuno. Sebelah kiri bernama Horus dan sebelah kanan bernama Ra. Horus dan Ra memiliki rupa kepala yang sama yakni Elang. Karena kesamaan ini, banyak orang yang tertukar mengenali kedua karakter dewa tersebut.

PERBEDAAN DASAR RA DAN HORUS

Perbedaan paling dasar antara Ra dan Horus terletak pada ke 2 mahkota yang digunakan.

Mahkota Horus dinamakan PSCHENT / DOUBLE CROWN yaitu mahkota ganda berwarna merah dan putih.


Sedangkan Mahkota yang digunakan Ra memiliki ornamen SUN DISC kadang disertai Uraeus (ular kobra).


Mahkota-mahkota yang dipakai oleh Dewa-dewa mesir memiliki arti sebagai tingkatan kekuasaan. Mahkota itulah yang juga menjadi identitas para dewa juga. Itu adalah perbedaan dasar ke 2 dewa  tersebut.

RA HORAKHTY (Ra bergabung dengan Horus menjadi SATU karakter/Fusion)

Sejak Dinasti ke 2 kerajaan lama (2686-2181SM), peran Ra menjadi begitu penting. Firaun mengklaim jika mereka adalah anak-anak Ra. Dalam teks kitab Orang Mati menyatakan setelah kematian Firaun naik ke Langit bergabung dengan rombongan Ra. Peribadahan kepada Ra pun menjadi besar-besaran di Dinasti ke 5. Sengaja dibangun piramida, obeliks-obeliks, kuil-kuil matahari hanya untuk menyembah Ra.

Nah, pada tengah periode 2040-1782SM, Ra semakin dikombinasikan/digabung dengan Dewa-dewa lain. Karakter Ra mulai menggantikan / mengkanibalkan Karakter dewa lain, salah satunya Horus.

Nama penggabungan Ra dan Horus disebut RA HORAKHTY. Sejak itu tidak ada istilah Ra ataupun Horus lagi, hanya Ra Horakhty yang berarti Horus dari 2 Horizon. Ra adalah dewa matahari, Horus dewa yang menguasai langit. Dengan menggabungkan mereka, Ra Horakhty dianggap sebagai Penguasa Cakrawala.

Meskipun disebut Horus dari 2 horizon, penggabungan ini adalah untuk "dominasi" karakter Ra. Karena ini juga banyak yang menyebut Ra adalah Horus. Tapi tentu saja tidak bisa begitu. Kita harus melihat faktor tahun kapan dan terjemahan glyph tersebut dibuat untuk dewa apa.

Salah satu contohnya adalah gambar ini. Gambar ini berada di Kuil Hibis 552SM.

Banyak yang menyebut gambar di atas adalah Horus. Sebenarnya cerita di glyph tersebut adalah Ra. Meskipun telah dinamakan Ra Horakhty, cerita tersebut tidak bisa di ubah menjadi kisah Horus. Itu tetaplah kisah Ra. Kalian bisa lihat glyph yang umurnya lebih tua di bawah ini.


Gambar glyph ini berada di kuil yang lebih tua Kuil Dendera 2250SM. Glyph tersebut adalah kisah Ra dalam bentuk anak-anak.

Bisa dipastikan cerita beberapa gambar tersebut adalah kisah Ra bukan horus.

Contoh lainnya 


Gambar tersebut diambil dari Kuil Monthu 200SM. Gambar diatas terdiri dari Ra Harakhty yang sedang merangkul Horus. Sudah pasti dewa yang berwajah elang tersebut adalah Ra bukan Horus. Ra lah yang merangkul Horus, bukan Horus yang sedang merangkul Horus.

Apa sudah mengerti?

Sebagai tambahan untuk mengenali Ra. Selain berkepala Elang, Ra juga bisa memiliki beberapa bentuk Rupa:

Ra berkepala Babon (Ra kanan, Horus kiri)

Ra berbentuk Buaya

Ra Dalam Rupa Sapi

Ra dalam rupa Kucing

Ra dalam rupa Singa

Ra dalam bentuk Kumbang (konon Ra dipagi hari akan berwujud Kumbang)
Ra dalam wujud lainnya

Kesimpulan penulis:

Cara paling mudah mengidentifikasikan Ra terletak pada Mahkota Sun disc kadang disertai Uraeus (ular kobra). Simbol itu melambangkan keilahian dari Ra. Kesalahan penamaan sekarang ini sepertinya terjadi setelah invasi negara lain dan terjadi misspersepsi. Tapi setidaknya setelah ini pembaca sudah bisa membedakan Ra dan Horus.

Sumber:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar