sunray

sunray
Light

Rabu, 07 Oktober 2015

CAIRAN NON NEWTONIAN: PUDING PUN BISA MENAHAN PELURU

Ini adalah Puding. Diletakkan diantara 2 lapisan kaca. (Videonya bisa klik disini. Jika kuota terbatas, bisa lihat digambar saja)


Menurutmu apa yang akan terjadi jika puding ini ditembak menggunakan senapan api?


Hasilnya sungguh mengejutkan. Peluru yang dilepaskan ternyata tidak sanggup menembus pudingnya.



Mengapa bisa terjadi demikian? Padahal objek yang ditembak adalah "hanya" berupa cairan.

NON NEWTONIAN FLUID

Pertama kita harus tahu terlebih dahulu Newtonian Liquid. Newton mendeskripsikan cairan memiliki sifat kebiasaan dan kelekatan yang tetap. Maksudnya kebiasaan dan kelekatan cairan hanya berubah jika "suhu" dan "tekanan"nya diubah. Misalnya air didinginkan akan berubah menjadi solid (beku), dan jika dipanaskan akan berubah menjadi gas (uap). Ini yang dinamakan Newtonian fluid, cairan yang normal.

Sedangkan cairan Non Newtonian memiliki sifat yang sedikit berbeda. Cairan ini akan mengubah kebiasaan dan kelekatan jika menerima stres. Stres yang dimaksud adalah dipaksakan ke cairan. Hasil dari stress adalah ketegangan.

Cairan non newtonian yang dipukul secara tiba-tiba, tres yang diterima akan mengubah cairannya menjadi solid dan tebal bahkan sangat solid tergantung dari stres yang diterima. Lalu sifatnya akan kembali seperti semula setelah stres yang diterima hilang.


Ini adalah tepung jagung dicampur dengan air. Saking solidannya cairan non newtonian, kita bisa melompat diatasnya. Tentu saja jika kita diam, kita akan tenggelam ( seperti lumpur hisap).



Itulah yang terjadi saat puding ditembak. Sifat normal Puding sebelum ditembak


berubah sesaat menerima tembakan menjadi lebih solid dan tebal.


Contoh cairan non newtonian yang lain adalah pasta gigi, cat, sampo, tepung (jagung) yang bercampur air, saos.

Saat ini cairan Non Newtonian sedang dikembangkan untuk teknologi rompi anti peluru. Rompi ini dianggap lebih ringan dan menerima sedikit penetrasi dibanding dengan rompi yang terbuat dari lapisan kevlar.

Berikut video beberapa percobaan menggunakan cairan non newtonian



Sumber lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar