sunray

sunray
Light

Rabu, 30 September 2015

TONGKAT ASCLEPSIUS SIMBOL MEDIS DUNIA


Tongkat diatas adalah kepunyaan ASCLEPSIUS. Dia adalah salah satu dewa mitologi Yunani, putra Apollo. Asclepsius memiliki pengetahuan tentang obat-obatan yang luar biasa. Konon ia bahkan mampu menghidupkan kembali orang yang sudah mati. Karna kehebatannya dalam pengobatan, tongkat yang selalu dibawanya dijadikan sebagai simbol medis diseluruh dunia termasuk Indonesia.

Ikatan Dokter Indonesia 




TONGKAT HERMES JUGA SEBAGAI SIMBOL MEDIS 


Tongkat diatas bernama Kadeceus, adalah kepunyaan Dewa Hermes, salah satu dewa mitologi Yunani juga. Hermes dianggap juga sebagai dewa pelindung. Tongkat kepunyaan Hermes sangat mirip dengan tongkat Dewa Asklepius. Perbedaannya di jumlah ular yang melilit dan tongkag Dewa Hermes mempunyai 2 sayap. Dan tongkat Hermes juga banyak dijumpai sebagai simbol medis.

Alasan mengapa ada 2 simbol yang hampir sama dipakai dalam dunia medis adalah salah pengertian/pemahaman makna simbol dalam pengabdosian dari tongkat Asklepsius dan karna tongkat dewa Hermes dianggap lebih menarik dipandang.

Tongkat Asklepsius sebagian besar dipakai oleh profresional-profesional medis dunia, sedangkan Tongkat Hermes banyak digunakan oleh Organisasi-organisasi kesehatan yang komersial karna dianggap lebih menarik.



Sumber lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar