sunray

sunray
Light

Kamis, 24 September 2015

MANIPULASI FOTO SUDAH ADA SEBELUM ERA PHOTOSHOP


Jaman dahulukan belum ada fotoshop? Jadi tidak mungkin untuk mengedit sebuah foto.

Pendapat diatas tidaklah tepat. Jaman dulu edit foto sudah dilakukan. Jika sekarang ini edit foto dilakukan secara digital, saat jaman dulu editan ini dinamakan "manipulasi" foto.

Banyak orang akan terkejut mengetahui bahwa manipulasi foto sudah dilakukan tidak lama setelah fotografi ditemukan, kata Mia Fineman, seorang asisten kurator fotografi di Metropolitan Museum of Art di Amerika dan pengarang buku Faking It Manipulated Photography Before Photoshop.

Teknik Manipulasi Foto Jaman Dulu

Menurut Fineman, jaman dulu teknik manipulasi foto dilakukan dengan mengambil 2 atau lebih gambar negatif lalu dicetak ke 1 kertas yang sama. Dengan cara ini, bisa dihasilkan foto kreasi yang diharapkan.

Tujuan manipulasi foto untuk kepuasan konsumen
Manipulasi foto diharapkan dapat meningkatkan kualitas keindahan sebuah foto yang tentunya bertujuan untuk kepuasan konsumen.
Saat jaman foto hitam putih, pigmen biru dan ungu muda merupakan warna yang sangat sensitif. Jika memfoto objek pemandangan, biasanya akan menghasilkan foto yang overexpose.  Gustave Le Gray (1820) fotografer perancis menyiasati hal ini dengan menggabungkan 2 foto negatif saat akan mencetak foto pemandangan laut. 1 foto negatif awan dan 1 foto negatif laut. Hasil cetakan fotopun terlihat lebih natural dipandang mata.



Beberapa foto hasil manipulasi lainnya:

(Sulap dan misteri sangat populer diabad 19)

Koleksi foto-foto hasil manipulasi Metropolitan Museum of Art bisa klik disini, beberapa lainnya disini.

Memanipulasi foto bisa memperindah foto yang dihasilkan. Tapi sayangnya sudah saat itu juga manipulasi foto ini telah digunakan untuk kepentingan "negatif" seperti untuk propaganda yang sering terjadi untuk kepentingan politik pada saat perang dunia.

Sumber:
Link-link di atas
http://www.vam.ac.uk/content/articles/s/gustave-le-grey-exhibition/
https://books.google.co.id/books?id=nGvTg_HC32YC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
http://www.pbs.org/newshour/art/slide-show-what-did-we-do-before-photoshop/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar