sunray

sunray
Light

Kamis, 17 September 2015

BERAPA JUMLAH TUMBUHAN YANG DIBUTUHKAN 1 MANUSIA BUAT CUKUP BERNAPAS ??

Berapa banyak tumbuhan/pohon yang diperlukan untuk menghasilkan OKSIGEN yang cukup bagi 1 orang saja untuk bertahan hidup?

Ini pertanyaan klasik, namun tidak mempunyai jawaban yang pasti. 
Berikut ini experimen yang bisa memberi gambaran atas pertanyaan diatas.



Nama percobaan ini THE EDEN PROJECT oleh Iain Stewart seorang Profesor Geoscience. Percobaan ini mendemonstrasikan 1 orang berada di dalam kotak transparan kedap suara (udara dari luar tidak bisa masuk), berukuran 40m persegi (8x2x2,5m) bersama 150bh tanaman.

Kemudian kadar oksigen dikurangi dari 21% (kandungan normal di atmosfir) menjadi 12% (setara dng kadar di ketinggian 4.500m).
Di awal-awal hari pertama, dengan kadar oksigen yang rendah, Stewart mengalami gelisah, pusing. Kemudian ia diminta untuk tidak banyak beraktifitas. Mungkinkah 150 tanaman tidak cukup untuk 1 orang manusia?

Perlahan tapi pasti, ternyata kadar oksigen dalam ruangan tertutup itu terus bertambah. Dan sampai dengan 48 jam, ternyata kadar oksigen berhasil mencapai 21%, kadar yang sama dengan di atmosfir. Ternyata 150bh tanaman cukup.

Perlu diketahui dari 150bh tanaman itu hampir semuanya jenis tanaman rumah. 120bh nya cuma tanaman yang kecil, dan 30bh yang besar seperti pohon pisang.

Lihatlah sekeliling anda, apakah ada tanaman? Jika tidak ada, berarti oksigen yang anda hirup adalah kontribusi dari tanaman di tempat lain. Itulah mengapa penting untuk mendukung pelestarian, tidak merusak, menjaga tanaman walaupun berukuran kecil dan walaupun di tempat yang jauh dari anda berada.


Sumber: 
Sumber1
Sumber2
Sumber3
Facebook Our-earth,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar